Mengenal Standar ISO 27001 dan Manfaatnya Bagi perusahaan

Standarisasi merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat memberi keuntungan bagi perusahaan. Seperti melakukan standarisasi ISO 27001, untuk sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi. Menerapkan standar ISO 27001 ini dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Apa manfaatnya ? Yuk simak.

Apa Itu ISO 27001 ?

ISO 27001 merupakan standar sistem manajemen internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Standar tersebut menyediakan kerangka kerja praktik terbaik untuk mengelola dan memitigasi risiko pelanggaran keamanan informasi. ISMS (information security management system) ini terdiri atas prosedur, kebijakan, dan kontrol lainnya yang melibatkan orang, teknologi, serta proses yang kompleks.

Versi terbaru dari ISO 27001 dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2022 lalu. Dengan adanya kontrol baru ini, maka perusahaan perlu meninjau kembali penilaian risiko dan menentukan apakah penanganan risiko baru tersebut perlu diterapkan atau tidak. Yang mana publikasi ISO 27001:2022 memberikan pemutakhiran terhadap daftar kontrol yang ada pada ISO 27001:2013.

Kontrol yang direvisi pada standar ISO 27001 versi terbaru mencerminkan perkembangan terkait ancaman dan praktik terbaik sekarang. Lingkup standar yang baru juga diperluas guna membantu memastikan tindakan manajemen risiko lebih efektif. Dalam hal ini, perusahaan bisa menggunakan daftar lengkap kontrol untuk menemukan potensi celah risiko atau mengatasi risiko yang telah diidentifikasi.

Manfaat dari ISO 27001

  1. Melindungi Data dan Reputasi Organisasi

Melakukan sertifikasi ISO 27001 menunjukkan bahwa perusahaan sudah menerapkan pendekatan berbasis risiko, yang sistematis terhadap keamanan informasi. Sehingga pada praktiknya dapat melindungi data data yang disimpan perusahaan, sekaligus melindungi reputasi dari perusahaan itu sendiri.

Dengan penerapan standar ISO sistem manajemen keamanan informasi, maka perusahaan dapat lebih mudah mengidentifikasi risiko keamanan informasi dan siber, memilih opsi penanganan risikonya, menganalisis risiko berdasarkan dampak serta kemungkinan terjadinya, dan mengevaluasi risiko serta memprioritaskan waktu risiko tersebut ditangani atas dasar faktor yang berkaitan dengan bisnis.

  1. Keunggulan Kompetitif

Sertifikasi ISO 27001 memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi atau perusahaan. Pasalnya adanya promosi sertifikasi akan memberi keyakinan kepada pemangku kepentingan dan klien, bahwa risiko keamanan telah ditangani secara memadai untuk melindungi semua informasi mereka. Baik itu risiko keamanan informasi terkait dengan TI, lingkungan fisik, maupun kelangsungan bisnis.

Mengingat bahwa sertifikasi ISO 27001 memiliki persyaratan yang tidak sedikit. Sertifikasinya juga memberikan pernyataan yang jelas terkait kapabilitas perusahaan, menunjukkan bahwa perusahaan beroperasi sejalan dengan praktik terbaik yang mana sistemnya telah diakui secara global.

  1. Menunjukkan Kepatuhan Terhadap Hukum

Manfaat lainnya dari penerapan ISO 27001 yaitu menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi. Karena mendapatkan sertifikasi ISO 27001 ini mengharuskan organisasi untuk mengidentifikasi undang undang yang berlaku. Mulai dari peraturan HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act) sampai dengan GDPR EU (General Data Protection Regulation European Union).

Sehingga hal tersebut dapat memberi dampak positif terhadap manajemen risiko serta tata kelola perusahaan. Bukan hanya itu saja, namun sertifikasi ISO 27001 juga akan membantu organisasi dalam menunjukkan kepatuhan dan pemenuhan persyaratan kontrak. Sehingga pada akhirnya ini akan memberi nilai tambah bagi perusahaan, hingga dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan bisnis.

Demikian penjelasan singkat mengenai standarisasi ISO 27001 lengkap dengan manfaatnya bagi perusahaan. Karena manfaatnya ada banyak, tentu anda perlu mempertimbangkan untuk menerapkannya. Apalagi saat ini sudah ada versi terbaru yang memiliki cakupan lebih luas, agar sistem manajemen keamanan informasi yang diterapkan lebih efektif. Sehingga dapat membantu perusahaan selangkah lebih maju.