Komitmen KFTD Cegah Tindak Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) Melalui ISO 9001:2015

Sebagai perusahaan distributor farmasi di Indonesia, PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) berkomitmen untuk selalu mendistribusikan aneka produk farmasi dan produk kesehatan yang berkualitas baik kepada semua masyarakat di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai standar internasional ISO 9001:2015.

Apa itu ISO 9001:2015?

ISO 9001:2015 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Mutu yang diterbitkan secara langsung oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Standar ini menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya tindak korupsi dan penyuapan yang berpotensi terjadi di KFTD serta sebagai kerangka kerja perusahaan untuk membangun dan memelihara sistem manajemen mutu yang efektif. Dengan begitu, konsistensi kualitas produk yang didistribusikan serta layanan yang diberikan tetap terjaga dengan baik.

Manfaat Penerapan ISO 9001:2015 di KFTD

Penerapan ISO 9001:2015 di lingkup PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) menawarkan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif, KFTD dapat lebih memahami dan memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan lebih baik. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan.
  • Aktivitas operasional perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Sistem manajemen mutu yang terstruktur dan terdokumentasi dengan baik akan membantu membuat aktivitas operasional KFTD menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat menghemat biaya dan meningkatkan profitabilitas.
  • Memperkuat citra perusahaan. Penerapan ISO 9001:2015 di KFTD menunjukkan komitmen nyata KFTD terhadap standar kualitas dari layanan yang diberikan. Hal ini menjadi nilai tambah bagi perusahaan di mata pelanggan, mitra bisnis, dan investor.
  • Meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan. Sistem manajemen mutu yang tersertifikasi ISO 9001:2015 memberikan jaminan kepada para pemangku kepentingan bahwa KFTD menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berintegritas.

Kontribusi ISO 9001:2015 Terhadap Upaya Antisuap dan Antikorupsi

Meski fokus utamanya adalah peningkatan kualitas produk dan layanan, ISO 9001:2015 secara tidak langsung turut memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya antisuap dan antikorupsi di berbagai lingkup perusahaan. Dalam konteks ISO 9001:2015, KFTD dapat memanfaatkan prinsip-prinsip manajemen mutu untuk memperkuat upaya anti penyuapan dan anti korupsi dengan cara:

  • Meningkatkan kesadaran dan pelatihan tentang standar mutu dan etika bisnis.
  • Menerapkan kontrol yang lebih baik atas dokumentasi dan rekaman, yang dapat membantu dalam audit dan pencegahan korupsi.
  • Memperkuat proses audit internal untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan.
  • Mendorong budaya organisasi yang transparan dan etis.

Terus Berkomitmen untuk Meningkatkan Kualitas

KFTD menerapkan ISO 9001:2015 di seluruh aspek bisnisnya, mulai proses pengadaan, produksi, hingga distribusi produk dan layanan hingga tiba di tangan konsumen. Komitmen PT Kimia Farma Trading & Distribution terhadap standar ini dibuktikan dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2015 oleh badan sertifikasi independen.

Penerapan ISO 9001:2015 menjadi salah satu komitmen berkelanjutan KFTD untuk selalu meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Perusahaan akan terus memantau dan menyempurnakan sistem manajemen mutu secara berkala untuk memastikan kepuasan pelanggan tetap terjaga sekaligus dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Dengan menerapkan standar internasional ini, PT Kimia Farma Trading & Distribution  (KFTD) senantiasa berkomitmen memberikan produk dan layanan terbaik sehingga menjadi perusahaan distributor farmasi dan produk kesehatan yang tepercaya di Indonesia.